Thursday 13 February 2014

5 Tips moto Sunset saat traveling… #basic

“Gan, gue barusan beli DSLR, ajarin gue moto sunset dong”
kata temen gue di BBM.
Berhubung gue agak males BBM-an pake hape jadul ( lemotnya ga tahan.. T_T ) jadi gue putusin buat bikin postingan tentang moto sunset disini, itung2 sekalian bagi2 pengalaman gue pas lagi traveling trus moto sunset, sapa tau aja berguna.
So, siapin kamera kalian sebelum kita lanjut ke tips2 dahsyat gue ( lalala…yeyeye…lalala…yeyeye ) #halah, cekicrooot…
Eh..eh… tunggu dulu… ga harus pake kamera DSLR yah, pake kamera SLR, kamera HP ( henpon canggih ye ), kamera pocket sampe kamera minjem juga bisa yang penting ada mode manual ( DSLR, SLR, Prosumer dan sejenisnya ) atau mode “Sunset” ( buat kamera pocket dan henpon ), jadi lo bisa coba tips ini di ampir setiap kamera pocket dan hape ( pake mode sunset ). okeh? keh!, sip…sip… cekobroot…
1. Mode apa yang kita pake di kamera?
piUntuk yang pake kamera pocket atau henpon, bisa pake mode sunset karna ga ada mode manual kaya kamera SLR,  jadi kita ga bisa setting manual si speed ( kecepatan rana ) dan aperture ( bukaan lensa ). buat yang pake iPhone ama android bisa pake Camera Awesome ( link Android ), software ini ada di kedua OS, dicoba aja.
Biasanya klo moto sunset pake DSLR, gue selalu pake mode “M” ato Manual di kamera, kenapa? supaya gue bisa berkreasi dengan leluasa, dengan mode ini, gue bisa setting Apperture dan Speed secara leluasa, jadi gue bisa setting manual bagian gelap dan bagian terang…
Jadi, lo liat keadaan dulu, kalo misalkan terang banget, lo pake ISO yang paling rendah buat kurangin noise, trus lo pake speed 1/250, dan lo pake bukaan sempit sekitar f/7.1 – f/22, tergantung cahaya ya. Nah, lo tinggal tes poto deh mulai dari f/7.1 sampe ke f/22, lo tes terus sampe ketemu exposure yang pas.
“Trus… Kan gue masih bingung pake mode “M” bisa pake mode yang laen ga?”
Bisa… Pake aja mode “Sunset” dikamera, biasanya kamera digital, kamera hape ( aplikasi ), dan entry level ada mode ini, kalian tinggal pake aja mode ini, nanti kamera yang setingin untuk kalian, pokoknya, mode ini sama kaya mode auto tapi di khususin buat kondisi sunset atau sunrise.
Trus kalo dikamera gue ga ada mode “Sunset” gimana?”
Pake mode “S” / “Tv” ( Speed ), di mode ini kita cuma seting si aperture aja, Aperture ( Bukaan ) nya si kamera yang ngatur.
Trus gan, gue musti pake speed brp?”
599961_410373805691427_954894737_n Gini..gini… speed itu tergantung situasi, kalo situasi lo cahayanya banyak, lo pake speed 1/125 ( tergantung cahaya ) supaya gambar yang lo tangkep tajem karna speednya kenceng jadinya ga blur gambarnya, tapiii… si aperture bakalan berubah sesuai dengan cahaya, jadi kalo misalkan cahayanya terang, si F ini bakalan sempit jadi f/9 ( misal ) trus kalo cahaya kira2 kurang, si F bakalan makin lebar jadi f/4 ( misal lagi ), jadi lo musti ati2, soalnya semakin kecil ( bukaan lebar ) si F maka semakin sempit jarak fokusnya jadinya subjek bisa fokus dan background jadi ga fokus atau sebaliknya, paling ngga lo harus pake F diatas f/5.6 supaya ruang tajemnya lebar jadinya subjek dan background sama2 fokus..
Bisa ga gan gue pake mode aperture?”
Bisa aja, tekniknya sama kaya pake speed, cuma kebalikan setingnya, kalo mode ini lo maenin di aperture atau bukaan.
Saran gue, poto pake mode aperture ato speed dulu, pas dah dapet baru lo pake mode manual, itung2 belajar supaya lo bisa lebih berkreasi. Poin penting buat foto sunset itu, gimana lo bisa ambil exposure si matahari dan sekitarnya, jadi meskipun foreground atau objek gelap gpp, yang penting si warna sunsetnya keluar..
DSC_2671 ( tips : buat lock exposure lo pencet fokus 1/2 ke arah yang paling terang, terus lo framing ulang deh ke objek nanti si objek jadi siluet dan si matahari bakalan dapet exposure yang pas, atau lo bisa pake ae/af lock, supaya lo ga perlu pencet 1/2, karna kalo lo pake fokus 1/2 bisa ga sengaja kelepas
Kalo pake henpon, ada beberapa aplikasi yang bisa lock exposure manual kayak Camera Awesome ).

2. WB atau White Balance apa yang dipake?
White Balance ato WB yang lo pake saran gue jangan auto WB, kenapa? karna kalo lo pake auto WB, sikamera bakalan mikir kondisi temperature cahaya terlalu anget ( orange ), jadinya si kamera bakalan setting si WB jadi agak kebiruan, yang ada hasil foto lo bukan orange tapi malah normal, jadinya bukan foto sunset deh.
WB apa dong yang harus gue pake?”
WB yang pas menurut gue itu “Shade” ato WB yang gambar rumah ada bayangan, kenapa? karna di WB ini, temperature warna yang dipake itu agak anget / oren, jadi dia bakalan bikin warna yang lo hasilin jadi ke oren2an. Lo juga bisa coba pake kelvin, tapi ga semua kamera ada WB ini.

3. Komposisi !
asdasdSelalu pikirin komposisi, emang sunset itu cuma moto matahari mau nyelem aja, tapi komposisi juga butuh buat moto sunset selalu inget “Rule of Third”, itu komposisi dasar supaya kita punya hasil foto yang enak buat diliat, RoT itu komposisi dimana kita memposisikan foreground atau background atau subjek 1/3 dari frame di kamera, jadi kita posisiin pas mau moto. foto dikanan, foregroundnya gue tarok 1/3 dibagian bawah, jadi lo liat2 dulu sebelum moto, kira2 yang menarik dari scene apa? foreground atau background? kalo foreground, maka banyakin foreground, kalo background ya banyakin background, gicu…

4. Cari informasi jam brp sunset didaerah lo mulai..
Tiap tempat, sunset itu beda2 jam tenggelemnya, jadi wajib lo nanya2 warga sekitar, kalo kemaren pas gue dieropah *benerin kerah* sunset itu sekitar jam 8an malem, sedangkan gue mulai kerja jam 5an, jadinya gue gapernah bisa moto sunset ( T_T ). Jadi, sebelum lo berangkat moto sunset, cari dulu info ditempat lo berada, tanya sama mereka jam brp sunset itu mulainya, dan jangan ampe telat soalnya telat 5 menit aja udah gelap ( tergantung daerah juga, di alaska bisa ampe lama )…
5. Ediiiiit!!!
Yang terakhir itu ga terlalu gue saranin, tapi ya mo gimana lagi kalo kita ga dapet warna yang kita mau, secara kalo pake hape kan agak susah, jalan pintas yang amat sangat tidak gue sarankan adalah pake software editing, kenapa? karna lo ga akan bisa belajar buat moto tanpa edit, yang ada ketergantungan ma edit jadinya ga jago2 dah lo moto. Jadi kalo lo dah kepepet, edit aja tuh poto supaya keliatan bagus hasil akhirnya, biasanya gue ngedit poto pake Adobe Lightroom, jarang banget gue pake potosop soalnya gue ga gitu bisa manipulasi.
( tips : buat yang pake kamera agak pro ( DSLR, Mirror Less, dsb. ) moto pake RAW amat sangat gue anjurin, kenapa? karna kalo pake RAW, lo bisa seenak lo ganti2 pacar WB, dan data yang di tangkep kamera lebih banyak, jadi lo bisa balikin yang under atau yang over.
Kalo lo pake henpon, lo bisa edit pake Snapseed aplikasi ini recomend banget menurut gue, lo bisa edit kaya pake PC )
Okeh! mungkin segini aja tips2 dahsyat dari gue, kalo kalian ada pertanyaan bisa tulis dikomen dan kalo gue bisa jawab, pasti gue bantu jawab dan kalo kata2 atau info yang gue kasih ada yang salah, mohon dibenerin, karna gue pun masih sama2 belajar, c u next post… :)

3 comments:

  1. sumpah ga ngerti apa ini yg diomongin udah dicari2 di kamera henpon ampe dikolong ga ketemu jg ama kode2 yg disebutin

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha, maap2, di kamera henpon ada aplikasinya, tapi berbayar, kalo henpon2 canggih ( agak mahal ) kaya iphone 5 gitu ada, jadi jangan dicari2 ampe kolong, klo nomer2 itu adanya di kamera yang ada mode manualnya, dikamera pocket ama hape biasanya ada mode sunset.

      Delete
    2. wah keren nih tipsnya berguna untuk yang mau belajar photography untuk mendokumnetasikan perjalanannya jadi lebih bagus.

      salam kenal dan blog walking
      www.shu-travelographer.com

      Delete