Monday 10 February 2014

7 Tips buat moto traveling malem2..

Pasang foto narsis dulu sebelom mulai..
Gimana sekarang? udah segeran kan liat tampang gue? hahaha.. kalo dah seger, gue lanjut nih bloggingnya, kalo blom seger juga, gue kasih poto gue close up, gimana? haha... ngga...ngga.. gue tau gue terlalu keren untuk itu, jadi mending gue lanjut aja dah, yuk ah~



Traveling malem2 itu enak, sumpah enak banget, sepi cooooyy, saking sepinya ngeri ama rampok, haha... kalo gue punya banyak waktu pengen gue traveling malem2 terus, gue kasih beberapa tips nih buat lo yang suka traveling malem dan poto2 malem, ini sih menurut gue ya, cekidot:


  1. Tripod! kenapa gue suruh bawa tridpod? karna moto malem itu kita lebih sering pake Slow Speed, jadi kayanya ga mungkin lo moto slowspeed handheld ( dibaca : pake tangan kosong kaya ahli kungfu ) bisa shake itu kamera, yang ada blur dah tu gambar.
  2. Pager!! bukan berarti lo bawa2 pager ye, kalo kuat sih gpp, gyahahah.. pake pager atau sesuatu lah, yang bisa bikin kamera lo ga gerak waktu lo jadiin "tripod" buat moto, lo tempelin ampe bener2 ga gerak, baru deh moto.
  3. Solo-ing!! Jalannya jangan rame2, enaknya jalan2 itu sendiri atau berdua, kenapa? soalnya kalo lo rame2, yang ada lo susah buat moto, yang namanya slowspeed itu butuh waktu lama buat moto, ga bisa diburu2, yang ada kaya gue disini, foto ga maksimal gara2 buru2 karna temen lo mau jalan lagi, nah! kalo lo jalan sendiri, ati2, karna itu tempat baru buat lo, jadi lo ga tau keadaan disana, yang ada bukannya moto malah dirampok lo.
  4. Peta!! kalo lo jalan malem2, kadang tempatnya suka beda kaya siang, jadi lo bisa nyasar gara2 ga kenal jalannya, trus kalo malem itu jarang orang, jadi susah buat nanya, haha..
  5. Flash!! nah, ini juga perlu nih, kadang gue suka butuh flash buat fill in atau malah light paint si subjek, kaya foto narsis gue tuh, gue pake flash external, kenapa ga pake flash dikamera? ga kuat, dikamera itu GN-nya kecil, jadi tenaganya kurang, makanya gue pake flash external.
  6. Cable Release!! cable release itu kaya remote buat kamera, jadi kita pencet shutternya lewat cable releasenya ini, berguna buat poto narsis dan kalo kita mau moto bulb, lebih enak pake cable release soalnya kita ga pegang kameranya langsung, jadi mengurangi kemungkinan shake kamera yang bisa bikin blur gambar.
  7. Timer!! kalo kita ga bawa kabel release, kita bisa pake timer dikamera dan jangan lupa, setting kamera pake anti shake dr menu, supaya mengurangi sedikit guncangan waktu mirror kebuka, mirror ini juga bisa bikin gambar blur, tergantung shutter yg lo pake dah.




Nih, contoh dari tips no.1 ( kiri ) ama tips no.2 ( kanan ), ini gue pake speed agak cepet, gara2 temen gue ga sabar nunggu dan gue takut ditinggal, makanya motonya ngepot.


Ini kamera diatas bangku, gue set timer, speed rendah.
males edit nih poto, butiran airnya ga gue ilangin

Oia, ngerti kaga tuh lo pada apa itu Slow Speed? jangan2 gue dah bahas panjang lebar ga ada yang ngerti apa itu slow speed, okeh! gue jelasin dikit, speed itu ditulis pake Tv/S di dial kamera, nah, speed ini ngaruh ke cepet atau lamanya si speed rana ( tirai sensor ). biasa dilayar ditulis pake 1/125, 1/60 sampe ke bulb.

Jadi... Slow itu artinya lambat dan speed disini bukan kenceng tapi kecepatan si rana kebuka, nah! jadi slowspeed itu kecepatan rana yang kebukanya itu lambat, biasanya kita pake kecepatan dibawah 1/30, ini dibilang speed lambat atau slow speed, gituuuu... dah ngerti dikit kan? kalo ga ngerti tanya si mbah gugel aja, mas yutub dah, ato lo bisa tanya langsung ama ade bagan ( mudain umur ) haha...


Poto ini gue pake tripod trus pake flash buat nerangin, itu warna yang biru2 kan flash
ga pake gel soalnya, hahaha...

Gimana? tips gue lumayan kan? emang sih ga gitu bantu buat yang dah sering moto, tapi paling ga mayan lah buat yang baru mau belajar, haha.. ya udah lah, gue mau nonton sinetron dulu, itung2 nambah pengalaman buat traveling nanti, nyahaha~


5 comments:

  1. mantap deh tipsnya..
    fotonya juga keren-keren euy..

    ReplyDelete
  2. wah, makasih om, masih belajar ini juga.
    iya, ini venesia a.k.a venezia a.k.a venice om.

    ReplyDelete
  3. satu kata buat photo2nya "kereeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeen"

    ReplyDelete
    Replies
    1. ah, si kakak, jadi malu nih eyke... #nyumput diketek..

      Delete