Friday 14 February 2014

Apa itu Aperture, Speed dan ISO ( Exposure Triangle / Segitiga Eksposure )… #Basic

Jreng… Jreng!!! 
Berhubung lumayan banyak orang2 yang suka traveling pake DSLR tapi ga gitu paham make DSLR-nya ( pengalaman passenger gue, pake DSLR mahal tapi ga ngerti makenya ), jadi disini gue kasih sedikit informasi tentang hal terpenting di Fotografi yaitu Segitiga Eksposure.
“ Kenapa ini penting gan? ”
Karna, kalo kita punya DSLR dan ga paham apa itu segitiga exposure, sama aja kaya kita punya henpon tapi ga tau gimana cara SMS, Nelpon sampe nyimpen nomer di PhoneBook, gitu..
exposure_cheat_sheetKali ini gue mau kasih tau sedikit tentang segitiga eksposure yang terdiri dari Aperture ( bukaan ), Speed ( kecepatan rana ), dan ISO ( Sensitivitas sensor terhadap cahaya ). So! siapin pulpen, kamera, popcorn, dan nyali lo, kalo ga kuat tinggal lambai-in tangan lo ke arah kamera, ada kamera di kiri, kanan, belakang dan depan lo ( dikata dunia lain kali, haha )… Ketiga part ini saling berhubungan untuk dapetin eksposure atau cahaya yang pas untuk si gambar. So! check it out!
1. Apa itu Aperture dan untuk apa?
Aperture ( F ) ato Pupil Lensa ( F ) ato yang sering dikenal dengan nama Bukaan Lensa ( F ) di indonesia adalah Lebar ( F kecil, mis : f/1.4 ) atau Sempit ( F kecil, mis : f/16 ) nya bukaan di lensa ( liat gambar ).
Aperture Lens
Gambar diatas adalah gambar lensanya aja yang dimulai dari bukaan sempit / F gede ( kiri atas ) ampe bukaan lebar / F kecil ( kanan bawah ).
oke sip, gue ngerti bukaan kecil ama bukaan gede, trus buat apaan nih F? ”
Nah, kalo lo dah paham bukaan kecil ama bukaan gede, sekarang gue terangin kegunaannya. Jadi, Aperture disini berfungsi sebagai keluar masuk cahaya dan lebarnya titik fokus ( Ruang Tajam / Depth of Field a.k.a DoF bahasa gaulnya bikin blur background ato bokeh ).
trus?”
Aperture Gue jelasin dulu yang “keluar masuk cahaya”, jadi gini… Sambil liat gambar disamping ya...
f/16 = buletan ditengah sempit = kotak item = gambar gelap / under.
Jadi… semakin sempit bukaan maka cahaya yang masuk dari lensa ke sensor kamera semakin sedikit makanya gambarnya jadi gelap ( underexposed ) gara2 sensor kamera kekurangan cahaya, supaya cahaya yang masuk normal, kita bisa turunin Speed atau naekin ISO.
dan
f/1.4 = buletan ditengah lebar = kotak putih = gambar terang over.
Jadi… Semakin lebar bukaan maka cahaya yang masuk dari lensa ke sensor kamera makin banyak, yang ada gambarnya jadi keterangan ( overexposed ) karna kebutuhan cahaya si sensor kebanyakan atau kelebihan, supaya cahaya yang masuk normal, kita bisa naekin Speed atau turunin ISO.
Gimana dah ngerti? klo blom, baca lagi yang aperture yak, hehe… tapi kalo udah, gue lanjut yang “ Ruang Tajam / DoF “, okeh, ternyata ga ngerti…
Lanjut ke DoF, apa itu dof? jadi dof atau ruang tajam itu lebar atau sempitnya ruang fokus sekitar subjek yang lo poto, semakin sempit dof ya berarti semakin sempit ruang yang fokus, semakin lebar dof ya semakin luas ruang yang fokusnya, biar makin jelas liat gambar aja…DOF
So… dari gambar diatas, kalo lo pake f/1.4 jarak fokus dari subjek ( bunga yg ditengah ) ke belakang dan depannya jadi sempit, makanya yang tajem / fokus si subjek doang trus yang ada dibelakang ama didepan subjeknya jadi blur… Sebaliknya, kalo lo pake f/16 jarak fokus dari depan subjek sampe belakang subjek semuanya tajem atau fokus. Gituu….
Bird on Rhodes, Greece. (c) orowsisTrus gan, gimana cara bikin blur background? katanya bisa dari aperture? ”
Beuh! kan gue udah bilang diatas, hadeeeeh… ya dah gue ulang, kalo lo mau bikin supaya background jadi blur, pake bukaan lebar atau F kecil ( f/1.2 – f/2.8 ), nanti otomatis belakang ama depannya jadi blur, gituuu…. ngarti?…
Poto disamping gue pake bukaan lebar atau F kecil, makanya yang fokus cuma muka si burung. Oia, blur dibelakang ini namanya Bokeh, inget… Bokeh, kalo blur itu bisa jadi ga fokus karna kamera goyang…

2. Apa itu Shutter Speed ( S ) dan kegunaannya ?
Tadi kan kita dah bahas apa itu cinta Aperture ( F ) dan cara bikin blur dibelakang ( bahasa bokeh anak gaul sekarang ). Sekarang, kita bahas Shutter Speed ( S ) atau kecepatan terbuka dan tertutupnya tirai rana. Si speed ini punya fungsi buat nyaring banyak atau dikitnya cahaya yang masuk ke sensor dan juga berpengaruh buat tajem ( Freeze ) atau blurnya gambar ( Motion blur, bukan Bokeh ).
Nah, sekarang gue bahas banyak dikitnya cahaya masuk sensor dulu. Gampangnya gini, lo punya gorden kan dirumah? itu tuh, tirai yang nutupin jendela yang dibuat dari kaen, tau kan? kalo ga tau lo tanya emak lo aja dah, lanjut..
Jadi lo anggep itu gorden sebagai tirai rana, nah! anggep aja lo lagi dikamar trus lampunya mati, pintu ketutup jendela ketutup gorden, pasti kamar lo gelap kan? nah, kalo lo buka gorden otomatis kamar lo terang kan karna ada cahaya masuk? nah, yang namanya shutter speed itu kecepatan tirai rana terbuka dan tertutup kembali, so! kalo lo buka gorden nya lama, namanya speed lambat atau slow speed, kalo lo buka gordennya cepet namanya fast speed..
Ah! gue bingung gan! gimana sih speed itu? ”
shutterspeed Okeh… Okeh… gue jelasin dah… liat gambar lagi ye… *sambil ngedumel*
Oia, lingkaran merah disamping itu kecepatan, jadi kalo gambar yang pertama kan lingkaran 5% kosong anggep aja speed cepet, ok sip, lanjut…
S 1/125 = cepet = kotak item = gambar gelap ( under ).
So, speed 1/125 artinya si rana kebuka dalam waktu 1 detik dibagi 125, jadi sekitar 0.008 detik si rana kebuka. Cepet kan? karna si speed ini kebukanya cepet otomatis cahaya yang masuk dikit, bener ga? bayangin gorden tadi! karna yang masuk dikit jadinya gambar gelap ( underexposed ), supaya cahayanya cukup ( ga gelap ) lo harus turunin “f” jadi lebar ( mis : awalnya f/5.6 turunin jadi f/2.8 ) dan atau naekin ISO.
S 1/25 = lambat = kotak putih = gambar terang ( over ).
So, speed 1/25 sama aja kayak 1 dibagi 25 sama dengan 0.04 detik, lebih lambat dari 1/125 kan? mungkin buat mata kita itu masih cepet tapi buat cahaya itu lambat, makanya gambar yang di tangkep keterangan atau over, cara ngatasinnya ya naekin “f” dan atau turunin ISO supaya foto yang dihasilin normal..
Okeh gan, lanjut!! ”
Bentar, gue mau minum dulu, kering nih tenggorokan…
5 menit kemudian…
Okeh, lanjut. Sekarang gue bahas kenapa speed juga bisa bikin gambar tajem dan blur, tapi… ada tapi nya nih… gopek dulu…haha… Tapi, tajem disini bukan fokus gambarnya ya tapi Freeze alias subjeknya beku dan blur disini juga bukan bokeh, tapi gambarnya blurry atau ga jelas gara2 subjek gerak ( motion blur ).
Mykonos, Greece. (c) orowsis. Jadi kalo lo mau ngebekuin subjek ( mis : pengen bekuin orang lari ) lo pake speed cepet ( mis : 1/125 keatas ) nah kalo lo mau bikin gambar lebih ada efek geraknya ( mis : panning ) pake speed lambat ( mis : 1/30 kebawah ).
Gambar disamping gue pake speed lambat, makanya aernya kaya kapas karna speednya lambat, speed lambat sering dipake buat moto air terjun supaya airnya keliatan bergerak dan kaya kapas.
Gue mao nanya dong gan, kok gambar disamping ga blur? kan speednya lambat? ”
Okeh, gue jelasin cara ngambil poto ini, waktu itu gue pake speed lambat dan bukaan kecil, kenapa speed lambat? karna gue mau bikin efek motion blur. Kenapa bukaan kecil? Karna gue pengen fokus mulai dari depan lensa sampe ke titik infiniti gambar ( background ), makanya gue pake bukaan kecil / sempit. Trus gue kaga pake tripod disini, tapi gue cari batu buat taro kamera gue ( yang ga gerak sama sekali supaya steady ) trus gue pake timer dikamera supaya kamera ga gerak karna tangan gue pas mencet shutter, gitu caranya…
3. Apa itu ISO? dan untuk apa?
Akhirnya udah bahasan yang terakhir, Aperture udah, Speed udah, makan udah, minum udah, dikasih gopek juga udah… sekarang lanjut ISO, apa itu ISO? kegunaannya buat apa? okeh, lanjut kebawah ya!..
San Giovanni Laterano, Rome. (c) orowsis. ISO atau ASA itu adalah sensitifitas sensor kamera untuk kapasitas cahaya, kalo kita pake ISO gede artinya sensitifitas sensor kecahaya makin gede jadi si sensor butuh sedikit cahaya buat menuhin kuota untuk dapetin normal exposure, sebaliknya kalo pake ISO kecil kita bakal butuh banyak cahaya yang masuk ke kamera untuk dapetin exposure yang pas. DSC_6925-2
Tapi… semakin gede kita pake ISO maka semakin banyak noise atau bintik2 difoto gara2 si sensor kamera terlalu panas gara2 dipaksa buat kerja lebih. tapi jangan takut… semakin mahal dan pro kamera, semakin sedikit noise yang keluar pas pake ISO gede. So, ati2 pake ISO, kalo kalian ga masalah di foto ada noisenya ya ga perlu khawatir, tapi kalo gue sih ga masalah ada noise atau ngga yang penting momennya ga lepas.
Dari 2 gambar diatas ( Bag. ISO ), yang kiri gue pake ISO 3200, kalo lo liat di poto yang kanan itu poto kiri gue zoom 100%, ISO gede bikin gambarnya banyak noise kalo buat poto diblog aja sih cukup tapi kalo lo mau cetak gede ya bakal keliatan gitu noisenya.BGN_9008-Edit
Pertanyaan terakhir nih gan, Kata lo tiga part ini berhubungan? berhubungan gimana maksudnya? “
Nah! ternyata masih ga ngerti juga sodara2!!… *banting mouse*
Jadi gini… *sambil nyruput kopi anget*
Anggep lo gue ajak jalan2 ke eropa, trus kita ke “ San Giovanni Laterano “ di roma ( 2 poto diatas ), seneng kan lo gue ajak jalan2? haha… Pas lo lagi moto2 trus liat hasil poto lo, lo bingung hasil poto lo gelap trus blur trus lo galau, mojok sambil maenan eek, haha..
 Pertama lo cek, lo pake speed brp? aperture brp? dan ISO brp?… ternyata pas lo cek, lo pake speed 1/30, f/2, dan ISO 1600. So, lo wajib naekin speed jadi 1/30 supaya gambarnya ga blur dulu.
Tapi kan poto gue gelap gan? kalo speed gue naekin kan jadi makin gelap? “
Iya makin gelap, tapi kan gambarnya blur gara2 pas lo moto tangan lo gerak2 dikit, makanya naekin speed jadi 1/60 supaya bisa moto ga blur. Kan lo dah pake speed 1/60 tuh, dan aperture lo dah f/2 ( disini lo pake lensa 35mm f/2, jadi bukaan lensa udah paling lebar ). Gimana cara supaya exposure jadi normal? lo naekin dah tuh ISO jadi 3200, dan dapet deh lo exposure yang normal.
segitiga eksposure
Nah, dari kasus diatas, kita bisa buat kesimpulan kenapa ketiganya saling berhubungan. Aperture ngebantu supaya speed lambat bisa jadi cepet, ISO bisa bikin speed lambat jadi cepet, speed cepet bisa bikin aperture jadi lebar supaya bisa bikin bokeh di cahaya yang lumayan banyak, iso bisa nolong supaya speed cepet dicahaya gelap… dan sebagainya dan sebagainya..
Pokoknya… terus bereksperimen aja ama kamera lo, coba satu2 sampe akhirnya lo bisa kuasain segitiga eksposure. Maap kalo tulisan gue malah bikin bingung dan ngebosenin, gue siap ditanya2 kok, hehe… thanks bye~

No comments:

Post a Comment