Wednesday, 12 February 2014

6 tips supaya poto travel lo enak diliat..

Traveling itu seru, bisa bikin kegalauan ilang dan strees dikantor beres. Gila aja dari senen ampe jum’at kerja terus dari jam 8 pagi sampe ketemu jam 10 malem,dah gitu tiap hari ketemu atasan yang cerewet, banyak maunya, suka nyalahin orang, dan selalu benar. Mau ga mau kita harus bisa refresh otak dari kejenuhan2 dikantor dengan cara traveling sejauh2nya, kalo perlu ke gunung yang paling tinggi cari goa dan bertapa didalem sampe tumbuh jenggot ditelapak kaki.. haha…

Oia, disini kan gue mau bahas tips moto pas traveling, ngapa jadi ngomongin si atasan..

BGN_8973

Ok! kita mulai serius, kadang kalo kita traveling, suka cuek sama hasil foto, secara kita bukan fotografer yang harus punya foto bagus buat dijual, tapi.. ga ada salahnya juga kalo kita punya hasil foto bagus pas kita liat foto hasil kita, kita pasti bakalan betah liat poto kita, apa lagi buat traveller yang suka nge-blog, kalo foto kita bagus otomatis pembaca juga bakalan nikmatin blog kita, selain betah baca mereka juga bakalan betah liat foto2 kita, ya kan? kan.. nah! disini gue mau kasih tips dari pengalaman gue buat lo2 pada, semoga berkenan ye.. cekibrooot…
  1. Kamera : kalo mau punya poto bagus ya bawa kamera, kalo ga gimana mau dapet poto bagus, boro2 poto bagus, moto aja kaga bisa… haha.. bukan2, bukan ini maksudnya, maksudnya, bawa kamera yang sensornya agak bagus, minimal kamera digital atau kamera handphone terbaru, kenapa harus handphone yang terbaru? karna kalo lo pake kamera hp versi lama, kameranya cuma vga, dan sensornya kurang bagus, yang ada gambarnya burek kalo moto didaerah yang agak gelap.
  2. Rule of Third : moto itu bukan cuma jepret trus hasil bagus, tapi juga butuh komposisi. Apa itu komposisi? komposisi itu gimana kita ngatur gambar didalem frame kamera supaya keliatan menarik, komposisi dasar dan yang paling sering dipake itu “Rule of Third” (RoT) dimana kita tarok si subjek di 1/3 frame. Sebenernya, tanpa harus ngikutin RoT pun ga masalah, kita bisa breaking the rule dengan cara coba lari dari kenyataan RoT.
  3. Orang : usahain foto yang kita ambil masukin penduduk lokal atau orang didalem foto dan usahain orangnya lagi ngelakuin sesuatu, kayak ngocok ngobrol, ngerokok atau apapun yang lagi dia kerjain.
  4. Zoom : zoom poto lo, kalo kamera lo ga punya zoom lo deketin deh subjek poto lo, bahkan, poto landscape pun kita butuh zoom supaya asik diliat, jadi selama menurut lo poto lo kurang asik coba lo zoom itu poto.
  5. Angle : jangan pernah moto dengan angle yang sama, jangan karna lo males buat nunduk atau tiduran dijalan lo jadi asal jepret, kalo moto orang, usahain “eye level” jadi lo samain tinggi kamera sama mata orang yang lo poto, kalo yang lo poto anak kecil lo agak turun motonya. kadang lo harus explore lagi angle2 yang lain sampe lo rasa lo dapet poto yang lo mau.
  6. Selera : yang terakhir foto menurut selera lo, kenapa? karna setiap orang punya selera beda2, yang menurut gue bagus blom tentu menurut lo bagus, jadi. foto aja yang bikin lo tertarik buat moto, lo cari contoh2 poto sesuai selera lo trus lo ikutin, bukan ikutin plek ketiplek ya, tapi lo kembangin lagi dengan sedikit kreatifitas lo dan dengerin kritik dan saran dari orang lain. karna menurut gue, kritik dan saran orang lain bisa bikin foto yang menurut selera kita itu jadi makin bagus dan membangun.
Ok! gue kasih contoh2 buat lo2 pada, dibawah ini contoh2 dari tips2 diatas, gue ambil saat gue traveling.. cekibroot..


599961_410373805691427_954894737_n
Di poto kiri, gue ambil pake tablet waktu gue menuju semarang pake motor, gambarnya kurang tajem, ga setajem kalo pake kamera digital, tapi lumayan buat simpen momennya. Kalo kita pake kamera jadul, poto gelap begini pasti bakalan banyak noise atau bintik2 difoto yang kadang buat sebagian orang ngeganggu, dan yang pasti resolusi gambarnya ga gede, ga kaya kamera2 sekarang, jadi detailnya kurang ( tips no. 1 ). dipoto ini gue pake komposisi RoT, dimana gue taro sebagian gambar di 1/3 frame bagian bawah ( tips no.2 ). Kalo bisa bagian atas jangan kosong, kasih sedikit awan atau sesuatu supaya ga flat, makanya gue kasih vignet ( dibaca : vinyet ).






DSC_1412
Difoto kanan, gue masukin orang lokal lagi narik “Gondola” salah satu pariwisata yang ada di venice, italy. untuk naik gondola ini biasanya kita bayar sekitar 15 euro sekali jalan, difoto ini gue sengaja masukin orang supaya lebih menarik daripada cuma foto gondola lagi jalan tanpa ada orang yang bawa, yang ada orang2 bingung kok gondolanya jalan sendiri.. haha.. dan yang jelas, foto lebih bercerita, karna kita jadi tau cara kerja gondola kaya apa, tul kan? kan.. ( tips no.3 )
Di foto ini juga gue masih pake RoT ( tips no.2 ) gue taro salah satu gondola disebelah kanan bawah, dimana si subjek ada di 1/3 bawah dan 1/3 kiri frame.
Dan gue zoom pas moto, supaya fotonya lebih jelas poto ini ceritain apa, coba bayangin kalo gue kaga zoom, semua2nya keliatan sampe anu-nya orang2 disamping2nya juga, kalo dizoom gini kan dah jelas subjeknya ( tips no.4 ).







DSC_1391

Perhatiin poto disamping kiri, orang ini kan duduk, pasti lebih rendah dari gue kalo gue berdiri, kalian bayangin aja kalo pas moto gue ga turunan dikit dan moto masih berdiri tegak, pasti hasil fotonya diliatnya agak ga enak karna level gue lebih tinggi dari si subjek, jadi kita si penikmat poto ngerasa kalo kita liat langsung dari mata kita ( tips no. 5 )





Yang terakhir tips no.6, tips no.6 ini ada disemua hasil foto gue, karna selera moto gue itu ada di fotografi travel. di fotografi travel itu kita bakalan banyak moto orang ( Street photography ), moto bangunan ( Architecture Photography ), moto alam ( Landscape Photography ), sampe moto malem2 ( Night Photography ). Karna gue tukang poto, jadinya selera moto gue ampir ada disemua jenis fotografi, mungkin udah passion gue *benerin kerah*..


DSC_1449

Okeh, gimana tips2 gue? keren kan? *benerin kerah*.. tips2 ini menurut gue ya, jadi maap kalo ada yang kurang2 atau ada yang salah2. Kalo kalian punya tips2 tambahan silahkan komen dibawah, kalo ada pertanyaan juga bisa tulis komen dibawah, kalo gue bisa jawab pasti gue jawab kok, feel free to ask, gue suka ditanya kok, apa lagi kalo yang nanya cewe cakep trus ngajak menjalin hubungan percintaan *tersipu* gyahaha… okeh, bay bay yah, GBU…